• SMK NEGERI 5 JAKARTA
  • Leading for Education

MENILIK SISI LAIN PERPISAHAN SEKOLAH DALAM KAITANNYA DENGAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Sumber ;   Sunting dengan InShot: https://inshotshare.app   dan  Dokumen Pribadi

 

Satu bulan ini adalah waktu yang paling banyak digunakan untuk acara perpisahan kelas XII tingkat  SMA, SMK . Untuk tingkatan SLTP, sepertinya menyusul. Semua dilaksanakan dengan versi dan karakter sekolah masing-masing. Khusus untuk di Jakarta , masih terasa unsur kearifan lokalnya. Biasanya ada upacara adat penyambutan siswa-siswi yang berprestasi dan dianggap mewakili sekolah untuk dijadikan sebagai “pasangan pengantin”. Lengkap bawanya dengan iring- iringan dari pihak laki- laki  Semua kegiatan diawali dengan upacara penyambutan, acara inti, pengalungan medali, dan tak lupa hiburan.dan berphoto sesame teman dan guru-guru atau juga dengan adik kelasnya.

Hingga tahun 2017-an, pelaksanaan perpisahan masih banyak yang dilakukan di sekolah masing-masing. Semakin ke sini, tempat pelaksanaan menjadi berubah. Dimulai dengan pindah ke gedung tempat resepsi pernikahan, hingga yang sekarang sedang booming di seantero nusantara adalah dengan diadakan di hotel berbintang. Tidak ada yang salah dengan perpindahan tempat tersebut. Saya yakin, semua ada alasannya.

Mungkin bagi yang tidak memilih di sekolah, alasan utama adalah aula sekola dianggap tidak representatif lagi untuk sebuah kegiatan perpisahan. Aula kurang luas karena terpotong untuk kelas baru. Bisa juga karena alasan untuk penyegaran dan suasana baru,

Betulkah hingga ke arah sana?

Esensi Perpisahan Sekolah

  1. Arti bagi Sekolah

Perpisahan adalah momentum yang tepat untuk mengembalikan siswa kepada orang tuanya secara resmi. Di sini terdapat pesan moral dan motivasi yang disampaikan oleh pihak sekolah yang sangat penting artinya untuk disampaikan kepada siswa dan orang tua, baik untuk siswa yang akan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi maupun langsung ke dunia kerja.

  1. Arti bagi Siswa

Pada saat perpisahan, ini merupakan momentum untuk mengucapkan terima kasih kepada semua guru yang telah membawa mereka ke pintu gerbang selanjutnya.  Momen ini juga bagus untuk saling meminta maaf atas kesalahan yang pernah diperbuat, sekaligus memohon doa agar ilmu yang telah diberikan dapat bermanfaat, juga agar dapat melangkah lebih jauh menggapai cita-cita.

  1. Arti bagi Orang tua

Acara perpisahan sekolah menjadi waktu yang sangat pas untuk mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah mendidik dang mengajar anak mereka selama ini. Menerima Kembali anak-anaknya ke pangkuan setelah diserahkan secara resmi oleh pihak sekolah.

Dari uraian di atas, saya cenderung lebih memilih kalau anak-anak melaksanakan perpisahan lebih baik di sekolah saja . Kita rasakan, ruhnya memang dari “sekolah”, sehingga akan lebih berasa dan lebih bernilai historis. Di samping menghemat budget (tentunya tidak ada dana tambahan untuk biaya gedung dan atau hotel), juga ada beberapa hal yang berkaitan dengan Profil Pelajar Pancasila. Di antaranya adalah:

  1. Beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Terpuji

Pelaksanaan perpisahan di sekolah mengajarkan kita kepada siswa agar hidup sederhana, karena pada dasarnya kelulusan bukan dilihat dari seberapa meriahnya atau di mana pelaksanaanya, tetapi lebih dari itu, bagaimana kita dapat tetap bersahaja, sederhana, dan elegan dalam mengerjakannya sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME. Tanpa terlihat riya dan lebih efisien.

  1. Lebih Terasa Gotong Royongnya

Salah satu poin Profil Pelajar Pancasila adalah gotong Royong. Apabila perpisahan dilaksanakan di sekolah, semua yang terlibat akan lebih terlihat. Persiapan dari A hingga Z, dari pembentukan panitia hingga proses, semua akan lebih terasa. Mendekor, menata, dll. Intinya kebersamaan dan kekompakan akan lebih terasa.

  1. Kreatif

Apabila perpisahan dilaksanakan di sekolah, warga sekolah akan menjadi lebih kreatif. Mengapa demikian, karena apabila dilaksanakan di luar sekolah (terlebih di hotel), kita memang tidak akan cape karena semua persiapan sudah dikerjakan pihak hotel. Istilahnya kita hanya memberikan konsep dan banner yang akan dipakai, beres. Namun apabila di sekolah, tentu hal-hal yang lebih mendetail akan dikerjakan oleh warga sekolah juga.

  1. Mandiri

Warga sekolah menjadi semakin mandiri kaarena segala sesuatunya kita kerjakan sendiri, sehingga siswa juga belajar dari hal ini. Tidak serta merta dikerjakan oleh pihak hotel.

Membentuk karakter siswa juga agar tidak bermental instant, atau segala sesuatu tinggal enaknya.

  1. Berpikir Kritis

Dalam sebuah pelaksanaan kegiatan, tentu selalu ada masalah, baik yang sederhana maupun yang kompleks. Dengan pelaksanaan perpisahan di sekolah, semua menjadi belajar berpikir kritis, mencari solusi terbaik sehingga muncul pula azas musyawarah untuk satu kata mufakat guna mencapai satu tujuan.

  1. Berkebhinekaan global

Perbedaan pendapat, keinginan, pemikiran dari seluruh warga sekolah menjadi lebih terasah apabila semua dikerjakan oleh warga sekolah sendiri, sehingga rasa kebhinekaan globalnya juga lebih terasa.

Ketika kita mampu membuat sebuah kegiatan besar dan melibatkan seluruh warga sekolah, ada semacam kebanggaan dan kepuasan tersendiri apabila kita dapat melaksanakan semuanya dengan hampir seluruh proses dikerjakan oleh pihak sekolah. Kenangan pun akan selalu ada dan akan indah untuk dikenang***

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMKN 5 Jakarta Pada Tahun 2024 Dengan Semngat Upacara Peringatan Lahirnya Pancasila,

                                                  Sumber ;

03/06/2024 19:15 - Oleh Rusmana-SMKN5JKT - Dilihat 69 kali
SMKN 5 JAKARTA APEL PAGI PADA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN

                                            Sumber ; Dokumen Pribadi Pis

23/05/2024 00:52 - Oleh Rusmana-SMKN5JKT - Dilihat 184 kali
LSP SMKN 5 JAKARTA JALANI WITNESS DARI BNSP UNTUK SATU PENAMBAHAN SKEMA BARU.

  Matraman jak-tim , Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jakarta ( SMKN ) menjalani witness dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNS

22/05/2024 22:26 - Oleh Rusmana-SMKN5JKT - Dilihat 103 kali
SMKN 5 JAKARTA ; Pengembalian Siswa-iswi Kepada Orang Tua Karena Lulus

                                              Sumber ; Sunting denga

09/05/2024 08:11 - Oleh Rusmana-SMKN5JKT - Dilihat 407 kali
SMKN 5 jakarta Pembiasan Pagi

                                                 Sumber ;

04/05/2024 16:21 - Oleh Rusmana-SMKN5JKT - Dilihat 194 kali
SMKN 5 jakarta. Upacara Hari Pendidikan Nasional .

                                                  Sumber ;

03/05/2024 01:01 - Oleh Rusmana-SMKN5JKT - Dilihat 260 kali
SMKN 5 jakarta, Jumat bersih di kelas dan lingkungan sekolah

                                                Sumber ; Dokume

26/04/2024 22:05 - Oleh Rusmana-SMKN5JKT - Dilihat 173 kali
SMKN 5 jakarta, Upacara Peringatan Hari RA Kartini

                                            Sumber ; Dokumen Pribadi 

26/04/2024 01:00 - Oleh Rusmana-SMKN5JKT - Dilihat 270 kali
SMKN 5 jakarta, Awal Masuk Sekolah, halal bihalal di lanjutkan belajar.

Rabu,17 April 2024 hari pertama masuk sekolah setelaha libur menjelang hari raya 1445 Hijriah.                         &nb

23/04/2024 22:58 - Oleh Rusmana-SMKN5JKT - Dilihat 140 kali
Kadaloskop SMKN 5 jakarta di awal dan akhir proses belajar mengajar bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah

   Dalam acara menjelang bulan suci Ramadhan maka warga sekolah SMKN 5 jakarta, salam -Salam atau memaafkan, akan  menjalankan puasa Tentu harus bersih.    

16/04/2024 23:14 - Oleh Rusmana-SMKN5JKT - Dilihat 194 kali